• 22 Desember 2014
Berwisata Sambil Memotret Pakai Smartphone

Librajaya.com | Sparepart HP – Smartphone pasti memiliki fitur kamera. Kualitas kamera dalam smartphone seringkali menjadi pertimbangan utama pemilihan produk. Smartphone dengan kamera berkualitas baik biasanya berharga mahal. Namun, sebenarnya dengan smartphone berkamera standar pun kita bisa memaksimalkan fitur menarik ini dengan teknik pengambilan gambar yang baik.

Ada 10 tips untuk lebih mengoptimalkan kamera smartphone agar bisa menjadi karya fotografi berkualitas, saat menikmati libutan berwisata ke berbagai destinasi wisata yang digemari. Wisata ke gunung, pantai, museum, hingga menikmati kuliner daerah menjadi moment penting untuk diabadikan.

1. Mengatur jarak ideal dengan objek
Kamera smartphone kebanyakan tidak dibekali lensa zoom maksimal. Maka, pastikan posisi Anda saat memotret dekat dengan obyek yang akan dibidik. Format pengambilan foto close-up ini membuat hasil foto terlihat jauh lebih detail. Tapi, tetap jaga jarak dengan obyek. Mode pengambilan gambar makro tidak selalu bisa dijumpai di smartphone. Pengambilan gambar yang terlalu dekat pun bisa membuat gambar menjadi kabur.

2. Sensitif pada pengaturan cahaya
Cahaya merupakan salah satu faktor penting untuk menghasilkan karya pemotretan yang optimal. Maka memotretlah dengan cahaya yang cukup, kecuali kamera smartphone Anda sudah dilengkapi dengan flash terintegrasi. Saat memotret di bawah terik sinar matahari, obyek jangan membelakangi datangnya cahaya. Namun, hal ini bisa Anda langgar jika ingin bereksperimen membuat foto siluet.

3. Perhatikan background
Sebaiknya latar belakang atau background jangan sampai mengganggu obyek. Tempatkan obyek berlatar belakang yang tidak terlalu ramai. Jangan sampai pohon yang ada di belakang obyek misalnya, seolah-olah tumbuh dari kepala si obyek.

4. Mencoba berbagai sudut pemotretan
Jika kapasitas memori mencukupi, jangan takut bereksperimen. Cobalah mengambil foto dengan sudut pemotretan berbeda-beda.

5. Pilih resolusi tinggi
Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar smartphone. Makin tinggi resolusi yang Anda pakai, makin baik hasil gambarnya. Perbedaan ini baru akan terlihat saat foto hasil jepretan smartphone dipindah ke layar komputer.

6. Pastikan kebersihan lensa
Kamera pada smartphone tidak dibekali penutup lensa. Pastikan untuk selalu membersihkan lensa sebelum Anda mengambil foto.

7. Perhatikan pengunaan memori
Upayakan dan periksa kembali smartphone apakah memori cukup untuk mengabadikan objek, dengan memastikan selalu ada kapasitas memori yang cukup untuk mengambil foto. Hal ini bisa diatasi dengan membiasakan untuk memindahkan foto Anda ke memori komputer atau eksternal hardisk.

8. Jaga konsentrasi dan keseimbangan
Upayakan kondisi dan posisi tubuh serta tangan Anda jangan sampai bergoyang saat tombol shutter ditekan. Ini untuk menjaga agar foto tidak kabur (blur) dan kelihatan tidak fokus.

9. Kenali fitur pemotretan di smartphone Anda
Smartphone berkamera untuk tipe-tipe tertentu seperti mid-range dan high-end, umumnya memiliki fitur cukup lengkap. Di perangkat tersebut, biasanya ditemukan pengaturan brightness, exposure, white balance, dan sejumlah fitur lain. Sesekali sempatkanlah untuk mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di smartphone. Dengan mengenal perangkat yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakannya dengan optimal.

10. Perbaiki dengan software olah digital
Jika Anda masih kurang puas dengan hasil fotonya, sah-sah saja jika Anda ingin memperbaiki intensitas cahaya, warna, dan komposisi yang mungkin tidak terjangkau oleh kamera ponsel Anda dengan menggunakan software olahdigital seperti Photoshop, dan sebagainya. **

Sumber